Sunderland 0 - 1 Manchester United

01/04/2013 13:25

Manchester United Dekati Tangga Juara

Gol bunuh diri Titus Bramble di pertengahan babak pertama kian membuka peluang Manchester United menyabet gelar ke-20 di Liga Primer Inggris.

Goal= 2' Own Goal

Manchester United tak memberi jalan kepada rival sekota, Manchester City, untuk setidaknya memperkecil jarak usai menumbangkan tuan rumah Sunderland 1-0 di matchday 30 Liga Primer Inggris, Sabtu (30/3).

Gol tunggal Titus Gramble di menit ke-27 membuat The Red Devils kini unggul 18 poin atas Manchester Biru --setidaknya hingga 90 menit ke depan-- sekaligus memberikan tekanan kepada rival sekota di pertandingan melawan Newcastle United.

Bagi Sunderland, kekalahan ini membuat mereka kian terperosok di papan bawah. Tim Martin O'Neill ini harus puas melihat tabel klasemen di urutan 16 dengan 31 poin.

Babak pertama
United langsung berinisiatif memulai serangan, tapi dua peluang beruntun dari Van Persie dan Kagawa di awal pertandingan dengan mudah diamankan Mignolet. Tidak lama kemudian, De Gea melakukan blunder fatal saat mencoba memberikan bola kepada rekannya, tapi malah justru jatuh ke kaki Graham beruntung hakim garis mengangkat bendera off-side kerika Graham mencoba memberikan umpan kepada Sessegnon di kotak penalti.

Pertahanan Setan Merah kembali diuji, tapi Rafael dengan sigap membuang bola sehingga hanya membuahkan tendangan sudut bagi tuan rumah.

Peluang emas kembali didapat The Red Devils. Pemain muda Buttner mendapat umpan terobosan dari Anderson di kotak penalti, dan setelah berhasil melewati bek lawan, Buttner gagal menaklukkan Mignolet sehingga hanya menghasilkan sepak pojok.

Sunderland meminta wasit menunjuk putih ketika pemainnya mengalami kontak badan dengan Rafael yang berusaha menahan gempuran, tapi pengadil lapangan menyatakan play-on.

Setelah beberapa kali melakukan serangan, United akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-27. Mesin gol utama mereka, Van Persie, melakukan tekanan setela mendapat umpan dari sisi kiri, kemudian menggiring si kulit bundar hingga ke kotak penalti. Di area berbahaya, striker asal Belanda tidak langsung melepaskan tembakan, namun lebih dulu menggocek Bardsley sebelum akhirnya bola yang diarahkan ke tiang jauh justru membentur tubuh Titus Bramble yang berupaya membuang peluang.

Tim tamu hampir menggandakan keunggulan, andai tendangan bebas Ashley Young dari luar kotak penalti tidak diamankan sang kiper.

Ferguson harus melakukan pergantian pemain lebih cepat karena Rafael mengalami cedera dan Johny Evans masuk menggantikan bek asal Brasil. Young dan Kagawa melakukan kerja sama apik untuk memberikan peluang kepada Anderson di kotak penalti, tapi dia tak mendapat banyak ruang untuk melepaskan tembakan.

Sunderland coba melakukan tekanan, tapi minimnya kreativitas lini tengah membuat United dengan mudah mematahkan peluang The Black Cats.

Babak kedua

Sunderland langsung mengambil inisiatif serangan di babak kedua, N'Diaye melakukan penetrasi di sisi kanan, tapi umpannya masih belum terukur.

United tidak tinggal diam dengan ancaman tuan rumah di awal paruh kedua. Enam menit pascajeda, Van Persie mencoba peruntungannya lewat sebuah tendangan bebas melengkung yang diarahkan ke tiang dekat, tapi Rose mampu memblok dengan sundulan.

Skuat Martin O'Neill melakukan serangan bertubi-tubi ke area pertahanan Setan Merah. Graham mengirim umpan dari sisi kanan yang ditujukan kepada Sessegson, tapi masih diamankan Evans. Rangkaian serangan di area penalti United berujung pada benturan wajah antara De Gea dan Vidic, sehingga laga berhenti sejenak karena kiper asal Spanyol harus mendapat perawatan medis.

Sunderlans tampak frustrasi dengan kegagalan memaksimalkan sejumlah peluang, padahal beberapa kali berhasil menembus kotak penalti tim tamu. Adam Johnson mencoba peruntungan dengan melepaskan tembakan jarak jauh, tapi bola meluncur jauh di atas mistar gawang.

Sementara itu, United mencoba kembali mengendalikan permainan. Bermula dari serangan balik, Anderson merilis sebuah passing brilian kepada Buttner. Sang bek kiri kemudian mengirim umpan silang mendatar, tapi berhasil diamankan bek lawan.

Buttner, yang tampil gemilang sepanjang pertandingan ini menguji Mignolet dengan sepakan kaki kanan yang memaksa kiper Belgia menjatuhkan badannya untuk menghalau bola. United kembali mendapat peluang lewat corner Young, sayang Vidic yang berhasil menyundul bola berlum berhasil menambah keunggulan karena tandukannya melebar dari tiang gawang.

Sisa lima menit pertandinga, Sunderland menggempur pertahanan Setan Merah. United yang bertekad membawa pulang tiga angka menampilkan pertahanan disiplin sehingga gol bunuh diri Bramble di pertengahan babak pertama tadi berhasil dipertahankan hingga wasit meniup peluit akhir.

Susunan pemain
Sunderland: Mignolet, Bardsley, Rose, O'Shea, Bramble, N'Diaye, Gardner, McClean, Johnson, Sessegnon, Graham
Cadangan: Larsson, Wickham, Kilgallon, Colback, Mangane, Mandron, Westwood

Manchester United: De Gea, Rafael, Buttner, Smalling, Vidic, Carrick, Valencia, Anderson, Young, Kagawa, van Persie
Cadangan: Evra, Evans, Nani, Welbeck, Cleverley, Powell, Lindegaard