Chelsea 1 - 0 Manchester United

01/04/2013 12:19

Selesai
April 1, 2013 6:30 PM WIB
Stamford Bridge — London
Wasit:‬ P. Dowd‎
Jumlah Penonton:‬ 40704‎

 

Satu gol Demba Ba ke gawang United, cukup mengantarkan The Blues ke semi-final Piala FA.

Chelsea berhasil menyingkirkan Manchester United dalam partai replay perempat-final Piala FA, Senin (1/4) di Stamford Bridge. Gol semata wayang dari Demba Ba di awal paruh kedua cukup membawa The Blues mengungguli rivalnya itu.

Dengan hasil ini, pasukan Rafa Benitez lolos ke semi-final Piala FA. Manchester City menjadi lawan yang akan dihadapi Chelsea dalam laga yang akan dilaksanakan pada 14 April mendatang di Wembley Stadium. Sementara itu, pasukan Sir Alex Ferguson kini tinggal punya satu kompetisi lagi, yakni di Liga Primer Inggris.

Babak Pertama

30 menit pertama, pertandingan berjalan lambat. Kedua tim tampak bermain hati-hati sehingga tak punya peluang-peluang berarti yang membahayakan gawang lawan. Kedua tim saling bergantian mengambil inisiatif serangan, namun rapatnya pertahanan ditambah dengan ketidakefektifan pemain dalam melakukan serangan menyebabkan minimnya alur bola di kotak penalti.

Misalnya di medio menit 20-an, Javier 'Chicharito' Hernandez berhasil menusuk ke kotak penalti Chelsea dan mencoba meliuk-liuk untuk mencari ruang tembak. Sayang, ia sedikit terpeleset dan bola langsung diamankan bek-bek Chelsea. Memasuki 15 menit terakhir paruh pertama, tempo permainan mulai meningkat.

Peluang terbaik The Blues tercatat di menit 31 ketika Eden Hazard memberikan sodoran kepada Demba Ba di kotak penalti. Penyerang asal Senegal itu memang berhasil menendang bola on target, tetapi kaki David De Gea dengan sigap mampu menepisnya dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Sementara itu, United punya peluang di menit 38 ketika Nani menembak deras dari luar kotak penalti. Tendangan kaki kirinya melebar di sisi kiri Peter Cech. Tak lama berselang, Chelsea kembali mendapat peluang. Kali ini, tendangan melengkung Hazard dari dalam kotak penalti masih berada di atas gawang De Gea.

Berikutnya di menit 41, Chicharito hampir saja membuat publik tuan rumah terdiam. Tendangan striker Meksiko dari luar kotak penalti ini sempat mengelabui Cech yang sudah bergerak ke kiri. Untungnya, bola yang mengarah ke tengah gawang masih bisa digapai oleh kaki Cech. Sampai babak pertama berakhir, kedudukan tetap imbang tanpa gol.

Babak Kedua

Awal paruh kedua diawali dengan keceriaan bagi publik tuan rumah. Kebuntuan akhirnya terpecahkan di menit ke-49. Adalah Juan Mata yang secara cerdik memberikan umpan lambung ke kotak penalti di mana Demba Ba berlari. Sambil menjatuhkan diri, Ba langsung menendang voli sekaligus mengelabui De Gea yang tak berkutik.

United yang ingin lolos, langsung melakukan inisiatif untuk  membalas gol itu. Chicharito kembali mengancam gawang Chelsea di menit 60. Crossing Danny Welbeck berhasil ditanduk oleh Chicharito dan bola tampaknya akan masuk. Akan tetapi, Cech tampil luar biasa dengan mampu men-tip bola sambil menjatuhkan badan.

Robin van Persie dan Ryan Giggs dimasukkan Sir Alex untuk menambah daya gedor United di sisa 30 menit. Namun, justru Chelsea yang kerap membahayakan gawang Setan Merah. Seperti dua peluang emas yang diciptakan Mata dan Hazard, berturut-turut di menit 62 dan 66. Tendangan kencang duo gelandang serang The Blues ini masih menyamping tipis di sisi gawang De Gea.

Di 15 menit terakhir, United memang tampak mengurung pertahanan Chelsea. Namun, kembali Chelsea lebih efektif dalam menciptakan peluang dari serangan balik. Selain karena rapatnya pertahanan Chelsea, Setan Merah juga tampak tergesa-gesa dalam melakukan penyerangan dan seringkali melakukan salah umpan.

Menit 87, Van Persie hampir saja membobol gawang Cech. Ashley Young yang menyerang dari sayap kiri mampu memberikan ruang bagi Patrice Evra untuk melakukan crossing. Namun, tendangan jarak dekat penyerang Belanda itu masih melambung tinggi di atas gawang Cech.

Dalam tambahan waktu injury time empat menit, lagi-lagi RvP mendapat peluang lewat tandukannya. Namun, kembali bola melambung di atas gawang Chelsea. Sampai peluit panjang dibunyikan, Chelsea berhasil mempertahankan keunggulan.

Susunan Pemain:

Chelsea: Cech; Azpilicueta, Ivanovic, Luiz, Cole (Bertrand 22'); Mikel, Ramires; Hazard, Mata, Oscar (Moses 91'); Ba (Torres 93').
Cadangan: Turnbull, Terry, Benayoun, Lampard

Manchester United: De Gea; Jones, Smalling, Ferdinand, Evra; Valencia, Carrick, Cleverley (Van Persie 61'), Nani (Giggs 65'); Hernandez, Welbeck (Young 80').
Cadangan: Lindegaard, Powell, Kagawa, Vermijl