Arsenal 1 - 1 Manchester United

27/04/2013 00:38

Selesai
April 28, 2013 10:00 PM WIB
Emirates Stadium — London
Wasit:‬ P. Dowd‎
Jumlah Penonton:‬ 60112‎

 

Kembalinya Van Persie ke Emirates berbuah satu gol darinya. Bomber Belanda itu sukses menjadi algojo penalti untuk membalas gol cepat dari Walcott.

 

Menghadapi jawara Liga Primer Inggris musim ini Manchester United, Arsenal hanya mampu bermain imbang 1-1 di Emirates, Minggu (28/4). Gol cepat Theo Walcott di awal laga mampu dibalas gol penalti dari mantan pujaan The Gunners Robin van Persie di penghujung babak pertama.

Tambahan satu poin ini membawa pasukan Arsene Wenger turun satu peringkat ke posisi empat, karena di saat yang bersamaan Chelsea menang atas Swansea. Kedua tim terpaut satu angka, namun The Blues masih menyimpan satu pertandingan. Meski masih berada di zona Liga Champions, The Gunners juga dikuntit Tottenham Hotspur di posisi kelima dengan dengan selisih dua poin dan Spurs juga masih menyimpan satu laga.

Babak Pertama

Arsenal tak perlu waktu lama untuk membuat pendukungnya bersorak. Lepas dari jebakan off-side, Theo Walcott berlari kencang dari sisi kanan untuk menyambut umpan Tomas Rosicky. Walcott pun tanpa ampun menjebol gawang David De Gea dari jarak dekat, 1-0.

Gol cepat itu membuat laga berjalan kurang greget di pertengahan babak pertama. Kedua tim tampak bermain hati-hati dan menjurus ke arah kasar. Bahkan, wasit Phil Dowd sudah memberi lima kartu kuning dengan United memperoleh empat kartu. Namun memasuki 15 menit terakhir babak pertama, tempo permainan mulai meningkat.

Diawali dengan tendangan geledek Lukas Podolski di menit 32 yang masih bisa diselamatkan De Gea. Kemudian, giliran United yang melakukan serangan. Van Persie gagal menanduk dari jarak dekat setelah Wojciech Szczesny sukses menyelamatkannya.

Namun, petaka bagi Arsenal hadir di menit 44 setelah Bacary Sagna mengganjal Van Persie yang berlari di kotak penalti. Wasit menunjuk titik putih dan Sagna diberi kartu kuning. Van Persie sendiri yang mengambil penalti itu, sukses menjalankan tugasnya. Babak pertama pun berakhir dengan skor 1-1.

Babak Kedua 

Usai turun minum, jual-beli serangan terus diperagakan kedua tim. Manchester United hampir menggandakan keunggulan di menit 56. Patrice Evra memberikan umpan silang ke kotak penalti dan disambut tandukan bebas oleh Wayne Rooney. Namun, bola mengarah tepat ke pelukan Szczesny.

Alur serangan tim Meriam London meningkat setelah Jack Wilshere dan Gervinho masuk. Berulang kali mereka sukses melakukan penterasi ke wilayah pertahanan United dan kerap mendapatkan sepak pojok. Namun, karena rapatnya lini pertahanan Setan Merah membuat Arsenal kesulitan melakukan tembakan ke gawang.

Di satu sisi, United tampak nyaman dengan strategi bertahannya dan membiarkan Arsenal untuk mendominasi jalannya laga. Namun, setiap kali melakukan serangan balik, United tampak berbahaya. Misalnya, lewat serbuan cepat dari sayap yang dikomandoi oleh Valencia dan Nani.

Menit 86, Santi Cazorla melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang sukses diblok oleh De Gea. Setelah itu, United kembali melakukan serangan balik cepat. Dari tengah, Rooney memberi umpan ke Ryan Giggs yang berdiri bebas di depan.

Namun, Giggs kurang dapat mengontrol bola dengan baik, sebelum melepaskan tembakan yang masih bisa diblok oleh bek Arsenal. Sampai empat menit tambahan waktu, tak ada gol yang tercipta. Arsenal harus puas dengan tambahan satu poin.


Susunan Pemain:

Arsenal: Szczesny, Sagna, Mertesacker, Koscielny, Gibbs, Arteta, Ramsey (Oxlade-Chamberlain 78'), Rosicky (Wilshere 62'), Cazorla, Walcott, Podolski (Gervinho 71')
Cadangan: Mannone, Vermaelen, Jenkinson, Monreal, Gervinho

Manchester United: De Gea, Rafael (Anderson 73'), Evans, Ferdinand, Evra, Valencia, Carrick, Jones, Nani, Rooney (Hernandez 88'), Van Persie
Cadangan: Lindegaard, Giggs, Cleverley, Kagawa, Buttner

Photo Gallery: Arsenal 1 - 1 Manchester United