Sejarah Windows

04/09/2012 00:00

SEJARAH WINDOWS

Windows 1.0

 

Versi pertama Microsoft Windows, yang disebut dengan Windows 1.0, dirilis pada tanggal 20 November 1985. Versi ini memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas, sehingga kurang populer di pasaran. Pada awalnya Windows versi 1.0 ini hendak dinamakan dengan Interface Manager, akan tetapi Rowland Hanson, kepala bagian pemasaran di Microsoft Corporation, meyakinkan para petinggi Microsoft bahwa nama "Windows" akan lebih "memikat" konsumen. Windows 1.0 bukanlah sebuah sistem operasi yang lengkap, tapi hanya memperluas kemampuan MS-DOS dengan tambahan antarmuka grafis. Selain itu, Windows 1.0 juga memiliki masalah dan kelemahan yang sama yang dimiliki oleh MS-DOS.

 Lebih jauh lagi, Apple yang menuntut Microsoft membuat Microsoft membatasi kemampuannya. Sebagai contoh, jendela-jendela di dalam Windows 1.0 hanya dapat ditampilkan di layar secara "tile" saja, sehingga jendela tersebut tidak dapat saling menimpa satu sama lainnya. Selain itu, tidak ada semacam tempat yang digunakan untuk menyimpan berkas sebelum dihapus (Recycle Bin), karena memang Apple berkeyakinan bahwa mereka memiliki hak terhadap paradigma tersebut. Microsoft pun kemudian membuang limitasi tersebut dari Windows dengan menandatangani perjanjian lisensi dengan Apple.

 

Windows 2.x

 

Windows versi 2 pun muncul kemudian pada tanggal 9 Desember 1987, dan menjadi sedikit lebih populer dibandingkan dengan pendahulunya. Sebagian besar populeritasnya didapat karena kedekatannya dengan aplikasi grafis buatan Microsoft, Microsoft Excel for Windows dan Microsoft Word for Windows. Aplikasi-aplikasi Windows dapat dijalankan dari MS-DOS, untuk kemudian memasuki Windows untuk melakukan operasinya, dan akan keluar dengan sendirinya saat aplikasi tersebut ditutup. Microsoft Windows akhirnya memperoleh peningkatan signifikan saat Aldus PageMaker muncul dalam versi untuk Windows, yang sebelumnya hanya dapat berjalan di atas Macintosh. Beberapa ahli sejarahwan komputer mencatat ini sebagai kemunculan sebuah aplikasi yang laku secara signifikan selain buatan Microsoft sebagai awal kesuksesan Microsoft Windows. Windows versi 2.0x menggunakan model memori modus real, yang hanya mampu mengakses memori hingga 1 megabita saja. Dalam konfigurasi seperti itu, Windows dapat menjalankan aplikasi multitasking lainnya, semacam DESQview, yang berjalan dalam modus terproteksi yang ditawarkan oleh Intel 80286.

 

Windows 2.1x

 

Selanjutnya, dua versi yang baru dirilis, yakni Windows/286 2.1 dan Windows/386 2.1. Seperti halnya versi Windows sebelumnya, Windows/286 menggunakan model memori modus real, tapi merupakan versi yang pertama yang mendukung High Memory Area (HMA). Windows/386 2.1 bahkan memiliki kernel yang berjalan dalam modus terproteksi dengan emulasi Expanded Memory Specification (EMS) standar Lotus-Intel-Microsoft (LIM), pendahulu spesifikasi Extended Memory Specification (XMS) yang kemudian pada akhirnya mengubah topologi komputasi di dalam IBM PC. Semua aplikasi Windows dan berbasis DOS saat itu memang berjalan dalam modus real, yang berjalan di atas kernel modus terproteksi dengan menggunakan modus Virtual 8086, yang merupakan fitur baru yang dimiliki oleh Intel 80386. Versi 2.03 dan kemudian versi 3.0 mendapatkan tuntutan dari Apple karena memang versi 2.1 ini memiliki modus penampilan jendela secara cascade (bertumpuk), selain beberapa fitur sistem operasi Apple Macintosh yang "ditiru" oleh Windows, utamanya adalah masalah tampilan/look and feel. Hakim William Schwarzer akhirnya membatalkan semua 189 tuntutan tersebut, kecuali 9 tuntutan yang diajukan oleh Apple terhadap Microsoft pada tanggal 5 Januari 1989.

 

Kesuksesan dengan Windows 3.0

Microsoft Windows akhirnya mencapai kesuksesan yang sangat signifikan saat menginjak versi 3.0 yang dirilis pada tahun 1990. Selain menawarkan peningkatan kemampuan terhadap aplikasi Windows, Windows 3.0 juga mampu mengizinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi MS-DOS secara serentak (multitasking), karena memang pada versi ini telah diperkenalkan memori virtual. Versi ini pulalah yang menjadikan IBM PC dan kompatibelnya penantang serius terhadap Apple Macintosh. Hal ini disebabkan dari peningkatan performa pemrosesan grafik pada waktu itu (dengan adanya kartu grafis Video Graphics Array (VGA)), dan juga modus terproteksi/modus 386 Enhanced yang mengizinkan aplikasi Windows untuk memakai memori lebih banyak dengan cara yang lebih mudah dibandingkan dengan apa yang ditawarkan oleh MS-DOS. Windows 3.0 dapat berjalan di dalam tiga modus, yakni modus real, modus standar, dan modus 386 Enhanced, dan kompatibel dengan prosesor-prosesor keluarga Intel dari Intel 8086/8088, 80286, hingga 80386. Windows 3.0 akan mencoba untuk mendeteksi modus mana yang akan digunakan, meski pengguna dapat memaksa agar Windows bekerja dalam modus tertentu saja dengan menggunakan switch-switch tertentu saat menjalankannya

 

* win /r: memaksa Windows untuk berjalan di dalam modus real

* win /s: memaksa Windows untuk berjalan di dalam modus standar

* win /3: memaksa Windows untuk berjalan di dalam modus 386 Enhanced.

 

Versi 3.0 juga merupakan versi pertama Windows yang berjalan di dalam modus terproteksi, meskipun kernel 386 enhanced mode merupakan versi kernel yang ditingkatkan dari kernel modus terproteksi di dalam Windows/386. Karena adanya fitur kompatibilitas ke belakang, aplikasi Windows 3.0 harus dikompilasi dengan menggunakan lingkungan 16-bit, sehingga sama sekali tidak menggunakan kemampuan mikroprosesor Intel 80386, yang notabene adalah prosesor 32-bit. Windows 3.0 juga hadir dalam versi "multimedia", yang disebut dengan Windows 3.0 with Multimedia Extensions 1.0, yang dirilis beberapa bulan kemudian. Versi ini dibundel dengan keberadaan "multimedia upgrade kit", yang terdiri atas drive CD-ROM dan sebuah sound card, seperti halnya Creative Labs Sound Blaster Pro. Versi ini merupakan perintis semua fitur multimedia yang terdapat di dalam versi-versi Windows setelahnya, seperti halnya Windows 3.1 dan Windows for Workgroups, dan menjadi bagian dari spesifikasi Microsoft Multimedia PC. Fitur-fitur yang disebutkan di atas dan dukungan pasar perangkat lunak aplikasi yang semakin berkembang menjadikan Windows 3.0 sangat sukses di pasaran. Tercatat, dalam dua tahun sebelum dirilisnya versi Windows 3.1, Windows 3.0 terjual sebanyak 10 juta salinan. Akhirnya, Windows 3.0 pun menjadi sumber utama pemasukan Microsoft, dan membuat Microsoft melakukan revisi terhadap beberapa rencana awalnya.

Penangkapan gelombang Internet

Pada awal 1990-an, teknologi orang dalam berbicara tentang jaringan internet-sebuah jaringan yang memiliki kekuasaan untuk menghubungkan komputer di seluruh dunia. Pada tahun 1995, Bill Gates memberikan memo berjudul "The Wave Internet Tidal," dan menyatakan internet sebagai "perkembangan yang paling penting karena munculnya PC."  Pada musim panas tahun 1995, versi pertama dari Internet Explorer dilepaskan . Browser bergabung mereka yang sudah berlomba-lomba untuk ruang di World Wide Web.  Geek trivia: Pada tahun 1996, Microsoft merilis Flight Simulator untuk Windows 95-pertama kalinya dalam 14 tahun sejarahnya bahwa itu tersedia untuk Windows.

1998-2000: Windows 98, Windows 2000

Windows 98

Dirilis pada tanggal 25 Juni 1998, Windows 98 adalah versi pertama Windows dirancang khusus untuk konsumen. PC yang umum di tempat kerja dan rumah, dan kafe internet di mana Anda bisa online bermunculan Windows 98 digambarkan sebagai sebuah sistem operasi yang. "Bekerja Lebih Baik, Lebih Baik Plays."  Dengan Windows 98, Anda dapat menemukan informasi lebih mudah pada PC Anda serta Internet. Perbaikan lainnya mencakup kemampuan untuk membuka dan menutup program lebih cepat, dan dukungan untuk membaca disk DVD dan universal serial bus (USB) perangkat. Lain penampilan pertama adalah Quick Launch bar, yang memungkinkan Anda menjalankan program tanpa harus menelusuri menu Start atau mencari mereka di desktop.

Windows 2000 Professional

Lebih dari sekedar upgrade ke Windows NT Workstation 4.0, Windows 2000 Professional dirancang untuk menggantikan Windows 95, Windows 98, dan Windows NT Workstation 4.0 pada semua desktop bisnis dan laptop. Dibangun di atas dasar terbukti Windows NT Workstation 4.0 kode, Windows 2000 menambahkan peningkatan besar dalam keandalan, kemudahan penggunaan, kompatibilitas Internet, dan dukungan untuk komputasi mobile.  Di antara perbaikan lain, Windows 2000 Professional menyederhanakan instalasi hardware dengan menambahkan dukungan untuk berbagai Plug baru dan hardware Play, termasuk jaringan maju dan produk nirkabel, perangkat USB, IEEE 1394 perangkat, dan perangkat inframerah.

Geek trivia: The stress test dilakukan pada malam Windows 2000 selama pengembangan adalah setara dengan tiga bulan waktu berjalan pada hingga 1.500 komputer.

2001-2005: Windows XP-Stabil, bermanfaat, dan cepat

 

Pada tanggal 25 Oktober 2001, Windows XP dirilis dengan tampilan didesain ulang dan merasa yang berpusat pada kegunaan dan terpadu Bantuan dan Dukungan pusat layanan. Ini tersedia dalam 25 bahasa. Dari pertengahan 1970-an sampai peluncuran Windows XP, sekitar 1 milyar PC telah dikapalkan di seluruh dunia. Untuk Microsoft, Windows XP akan menjadi salah satu yang terlaris produk di tahun-tahun mendatang. Ini baik cepat dan stabil. Menjelajahi menu Start, taskbar, dan Control Panel yang lebih intuitif. Kesadaran virus komputer dan meningkatkan hacker, tapi ketakutan yang sampai batas tertentu tenang oleh pengiriman online update keamanan. Konsumen mulai mengerti peringatan tentang lampiran yang mencurigakan dan virus. Ada lebih menekankan pada Bantuan dan Dukungan.

Kapal itu: Windows XP Professional gulungan ke toko-toko ritel

Windows XP Home Edition menawarkan desain, bersih visual disederhanakan yang membuat fitur yang sering digunakan lebih mudah diakses. Dirancang untuk digunakan di rumah, Windows XP menawarkan perangkat tambahan seperti Network Setup Wizard, Windows Media Player, Windows Movie Maker, dan meningkatkan kemampuan foto digital.  Windows XP Professional membawa dasar yang kokoh dari Windows 2000 ke desktop PC, meningkatkan kehandalan, keamanan, dan kinerja. Dengan desain visual yang segar, Windows XP Professional mencakup fitur-fitur untuk komputasi rumah bisnis dan canggih, termasuk dukungan remote desktop, sebuah sistem file enkripsi, dan mengembalikan sistem dan fitur jaringan canggih. Perangkat tambahan kunci untuk pengguna ponsel termasuk dukungan jaringan nirkabel 802.1x, Windows Messenger, dan Remote Assistance.

 

 

Windows XP memiliki beberapa edisi selama tahun-tahun:

  • Windows XP 64-bit Edition (2001) adalah sistem operasi Microsoft pertama untuk prosesor 64-bit yang dirancang untuk bekerja dengan jumlah besar memori dan proyek-proyek seperti efek film khusus, animasi 3D, teknik, dan program ilmiah.
  • Windows XP Media Center Edition (2002) dibuat untuk komputasi rumah dan hiburan. Anda dapat menelusuri Internet, menonton televisi hidup, menikmati musik digital dan koleksi video, dan menonton DVD.
  • Windows XP Tablet PC Edition (2002) menyadari visi pena berbasis komputasi. Tablet PC termasuk pena digital untuk pengenalan tulisan tangan dan Anda dapat menggunakan mouse atau keyboard juga.

Geek trivia: Windows XP dikompilasi dari 45 juta baris kode.

2006-2008: Windows Vista-Pintar pada keamanan

Windows Vista yang dirilis pada tahun 2006 dengan sistem keamanan terkuat. User Account Control membantu mencegah perangkat lunak yang berpotensi membahayakan dari membuat perubahan pada komputer Anda. Pada Windows Vista Ultimate, BitLocker Drive Encryption memberikan perlindungan data yang lebih baik untuk komputer Anda, seperti penjualan laptop dan meningkatkan keamanan kebutuhan Windows Vista juga dilengkapi perangkat tambahan ke Windows Media Player sebagai semakin banyak orang datang untuk melihat PC mereka sebagai lokasi pusat untuk media digital.. Di sini Anda dapat menonton televisi, melihat dan mengirim foto, dan mengedit video.

Windows Vista Ultimate

Desain memainkan peran besar dalam Windows Vista, dan fitur seperti taskbar dan perbatasan di sekitar jendela mendapatkan tampilan baru. Cari mendapat penekanan baru dan membantu orang menemukan file pada PC mereka lebih cepat. Windows Vista memperkenalkan edisi baru yang masing-masing memiliki campuran yang berbeda fitur. Ini tersedia dalam 35 bahasa. Tombol Start didesain ulang membuat penampilan pertama pada Windows Vista.

Geek trivia: Lebih dari 1,5 juta perangkat yang kompatibel dengan Windows Vista pada saat peluncuran.

2009-Hari ini: Windows 7 dan menghitung ...

 

Pada 2000-an, dunia nirkabel telah tiba. Ketika Windows 7 dirilis pada bulan Oktober 2009, mengalahkan laptop PC desktop dan itu umum untuk mendapatkan online di hotspot nirkabel publik seperti warung kopi. Jaringan nirkabel dapat dibuat di kantor atau di rumah.  Windows 7 termasuk banyak fitur , seperti cara-cara baru untuk bekerja dengan jendela-Snap, Peek, dan Shake. Windows Touch membuat debutnya, memungkinkan Anda untuk menggunakan jari-jari Anda untuk menelusuri web, flip melalui foto, dan membuka file dan folder. Anda dapat mengalirkan musik, video, dan foto dari PC ke stereo atau TV.  Pada musim gugur 2010, Windows 7 adalah menjual tujuh eksemplar a-kedua tercepat-selling dalam sejarah sistem operasi.

Perbaikan pada taskbar Windows 7 termasuk thumbnail preview hidup

Geek trivia: Windows 7 dievaluasi oleh 8 juta penguji beta di seluruh dunia sebelum dirilis.

Apa selanjutnya?

Banyak laptop tidak lagi memiliki slot untuk DVD dan beberapa memiliki solid state drive daripada hard disk konvensional. Kebanyakan semuanya dialirkan, disimpan pada flash drive, atau disimpan dalam "Awan"-ruang online untuk berbagi file dan penyimpanan Windows Live-program gratis dan layanan untuk foto, film, instant messaging, e-mail, dan sosial. Jaringan- adalah mulus terintegrasi dengan Windows sehingga Anda dapat tetap berkomunikasi dari, telepon PC Anda, atau web, memperluas Windows ke Awan.

Sementara itu, kerja sedang berlangsung untuk versi berikutnya dari Windows.

ATAU DOWNLOAD....Windows 1.docx (371,3 kB)

 

Topic: Sejarah Windows

No comments found.

New comment