Manchester United 3 - 0 Aston Villa

23/04/2013 13:40

Selesai
April 23, 2013 2:00 AM WIB
Old Trafford — Manchester
Wasit:‬ A. Taylor‎
Jumlah Penonton:‬ 75591‎

 

2′ Robin Van Persie
 
13′ Robin Van Persie
 
33′ Robin Van Persie
 

Tundukkan Aston Villa, Manchester United Sambut Gelar Juara Ke-20

Tiga gol Robin van Persie di babak pertama sudah cukup untuk membawa Manchester United semakin dekat dengan gelar juara ke-20 setelah menundukkan Aston Villa di Old Trafford

Manchester United dipastikan mengangkat trofi juara Liga Primer Inggris 2012-13 usai membungkam tamu mereka, Aston Villa, dengan skor meyakinkan 3-0.

Skuat besutan Sir Alex Ferguson mengawali laga dengan tempo cepat dan segera unggul lewat gol Robin van Persie di awal laga. Striker Belanda itu menjadi bintang setelah menambah torehan golnya dan membukukan hat-trick yang belakangan membawa Setan Merah menyambut gelar juara ke-20 mereka.

Villa sebenarnya melakukan perlawanan cukup sengit di babak kedua dan berhasil menahan serangan tuan rumah dengan baik. Sayang, serangan anak-anak asuh Paul Lambert belum cukup untuk membuat Wayne Rooney dkk kesulitan.

Alhasil, United pun berhak menyabet gelar juara musim ini meski masih menyisakan empat laga.

Babak pertama

Manchester United berpeluang merengkuh gelar juara Liga Primer Inggris ke-20 jika berhasil mengatasi perlawanan Aston Villa di Old Traffod malam ini.

Impian itupun semakin dekat dalam jangkauan setelah Robin van Persie langsung membawa tuan rumah unggul di menit kedua. Berawal dari kerja sama cantik Wayne Rooney dan Antonio Valencia, bola diterima Ryan Giggs yang segera meneruskannya kepada Van Persie di depan gawang.

Striker Belanda pun tanpa kesulitan menceploskan gol ke-22 di ajang Liga Primer sekaligus membawa kubu Setan Merah kian mendekati mahkota juara.

The Villans nyaris membukukan gol balasan di menit 11 ketika Christian Benteke mengancam gawang David De Gea setelah menerima sodoran bola Andreas Weimann. Sayang, bola masih melambung.

Hanya satu menit berselang, tim tamu justru kembali kebobolan, lagi-lagi melalui Van Persie. Menerima umpan matang Rooney di depan kotak, Van Persie menyambar bola dengan tendangan voli kencang yang sama sekali tidak bisa diantisipasi Brad Guzan.

Laga segera berubah menjadi Robin van Persie Show ketika mantan kapten Arsenal mencetak hat-trick di menit 33. Bermula dari serangan cepat yang dibangun Shinji Kagawa sebelum menyodorkan bola kepada Ryan Giggs di dalam kotak.

Gelandang veteran Wales kemudian meneruskan bola kepada Van Persie yang berada di dekatnya untuk membawa United unggul tiga gol tanpa balas.

Anak-anak asuh Paul Lambert masih kesulitan membongkar pertahanan tuan rumah, meski Benteke dan Gabriel Agbonlahor sempat memberikan harapan kepada tim tamu lewat peluang mereka. Sayang, upaya itu belum bisa mencapai target.

Babak kedua

Paul Lambert berharap anak-anak asuhnya bangkit di babak kedua dan melalukan pergantian pemain pertamanya dengan menurunkan Karim El Ahmadi dan menarik keluar Charles N'Zogbia.

Perlahan, Villa mulai menguasai permainan dan kian gencar melesakkan serangan ke lini pertahanan United.

Salah satunya ketika gawang De Gea terancam oleh tandukan Weimann menyusul sepak pojok. Beruntung, Van Persie kembali tampil sebagai pahlawan dan menanduk bola menjauh dari gawang.

Tidak lama berselang, Benteke menguji De Gea ketika dirinya memanfaatkan kesalahan Johnny Evans untuk merebut bola dan melepaskan tendangan keras ke arah kiper Spanyol. Sial bagi Villa, sepakan Benteke masih bisa diblok oleh De Gea.

Kendati berada dalam tekanan tim tamu, awak United tampaknya bermain santai. Keunggulan 3-0 tentunya membuat mereka lebih dari nyaman untuk melakoni babak kedua.

Hingga dua menit jelang waktu normal, keunggulan United belum juga berubah. Sebagian besar fans tuan rumah mulai merayakan gelar juara ke-20 tim kesayangan mereka. Terlihat sekelompok penjual menjajakan bendera bertuliskan gelar juara Liga Primer ke-20 di sekitar Old Trafford.

Bunyi peluit panjang wasit segera disambut meriah oleh publik Old Trafford yang larut dalam perayaan menyambut mahkota juara musim 2012-13.

Susunan pemain:

Manchester United: De Gea, Rafael, Evans, Jones, Evra, Valencia, Rooney, Giggs, Carrick, Van Persie, Kagawa

Cadangan: Lindegaard, Ferdinand, Hernandez, Nani, Welbeck, Cleverley, Buttner

Aston Villa: Guzan; Lowton, Vlaar, Baker, Bennett; Westwood, Delph; Weimann, N’Zogbia, Agbonlahor; Benteke

Cadangan: Given, Holman, Sylla, El Ahmadi, Bent, Bowery, Clark

 

Photo Gallery: Manchester United 3 - 0 Aston Villa