Manchester United 1-2 Real Madrid

17/03/2013 21:54

Selesai
Maret 6, 2013 2:45 AM WIB
Old Trafford — Manchester
Wasit:‬ C. Çakιr‎
Jumlah Penonton:‬ 74959‎

Cristiano Ronaldo Kunci Kelolosan Real Madrid

Tertinggal dulu, Madrid berbalik menang 2-1 atas United dalam partai yang diwarnai kartu merah kontroversial untuk Nani.

 

    Real Madrid memesan tiket perempat-final Liga Champions berkat keunggulan agregat 3-2 atas Manchester United di fase 16 besar. Setelah bermain imbang 1-1 pada pertemuan pertama di Santiago Bernabeu, El Real sukses membawa pulang kemenangan 2-1 pada leg kedua di Old Trafford, Rabu (6/3) dinihari WIB. Sang tuan rumah memimpin terlebih dahulu tiga menit selepas jeda berkat gol bunuh diri Sergio Ramos sebelum mendapatkan pukulan telak berupa kartu merah kontroversial untuk Luis Nani. Unggul jumlah pemain, Los Merengues membalikkan kedudukan melalui dua gol dalam tempo tiga menit. Luka Modric menaklukkan David de Gea lewat tembakan dari luar kotak penalti sebelum Cristiano Ronaldo, eks pujaan publik Setan Merah, membuat gol penentu. Sir Alex Ferguson membuat kejutan dengan menyimpan Wayne Rooney di bangku cadangan, sementara Jose Mourinho menampilkan kekuatan terbaik sejak awal, minus kiper sekaligus kapten Iker Casillas yang masih cedera.
    Menyadari El Real amat berbahaya dalam melancarkan serangan balik cepat, Fergie menginstruksikan anak-anak asuhnya untuk tidak terlalu memforsir tekanan. United tampak lebih banyak menunggu sambil mencari-cari celah untuk memukul balik sang lawan. Taktik ini berjalan cukup baik. Setan Merah bahkan hampir memecahkan kebuntuan andai tandukan keras Nemanja Vidic menyambut tendangan penjuru Ryan Giggs tak membentur tiang. Bola muntah disambar tendangan Danny Welbeck yang mengarah tepat ke Diego Lopez, tapi gol pun tak akan disahkan karena striker muda Inggris itu sudah terjebak off-side lebih dulu.

    United kembali mengancam di menit ke-34. Tendangan Robin van Persie dari sudut sempit bisa dihadang Lopez dan sang kiper kemudian bereaksi cepat untuk menggagalkan upaya rebound dari Welbeck. Setelah babak pertama berkesudahan 0-0, kebuntuan skor akhirnya bisa dipecahkan United tiga menit pascajeda. Setelah dua tembakan kubu tuan rumah diblok barisan pertahanan Madrid, bola jatuh ke penguasaan Nani, yang lantas mengirim umpan ke area penalti. Bermaksud menghalau, Sergio Ramos justru menceploskann si kulit bulat ke dalam gawang sendiri.
    
Dalam posisi unggul, United harus kehilangan Nani di menit ke-56. Winger Portugal itu secara kontroversial dikartu merah langsung oleh wasit Cuneyt Cakir karena dianggap mengangkat kaki terlalu tinggi saat memperebutkan bola tanggung dengan Alvaro Arbeloa.

Mengintip kesempatan untuk membalikkan kedudukan, Mou menyuntikkan Luka Modric dan menarik keluar Arbeloa. Keputusan itu terbukti tepat karena eks gelandang Tottenham Hotspur itu langsung mencetak gol kurang dari sepuluh menit setelah masuk.

Menerima bola dari Sergio Ramos, Modric kemudian melewati Tom Cleverley sebelum melepas tendangan kencang dari luar kotak penalti yang gagal dijangkau De Gea (66').

Hanya tiga menit berselang, Los Blancos ganti memimpin 2-1. Umpan silang mendatar Gonzalo Higuain sukses disontek masuk oleh Cristiano Ronaldo yang berada di tiang jauh. CR7 menolak merayakan gol yang akhirnya menjadi pemasti ketersingkiran mantan klubnya.




Suaunan Pemain:

Manchester United: David De Gea; Rafael da Silva, Patrice Evra, Rio Ferdinand, Nemanja Vidic; Michael Carrick, Tom Cleverley; Danny Welbeck, Ryan Giggs, Luis Nani; Robin van Persie.

Cadangan: Anders Lindegaard, Jonny Evans, Antonio Valencia, Ashley Young, Shinji Kagawa, Wayne Rooney, Javier Hernandez.

Real Madrid: Diego Lopez; Alvaro Arbelo, Fabio Coentrao, Raphael Varane, Sergio Ramos; Sami Khedira, Xabi Alonso; Mesut Ozil, Angel Di Maria, Cristiano Ronaldo; Gonzalo Higuain.

Cadangan: Antonio Adan, Pepe, Raul Albiol, Luka Modric, Jose Callejon, Kaka, Karim Benzema.