Manchester United 2-1 Liverpool

14/01/2013 09:58

Selesai
Januari 13, 2013 8:30 PM WIB
Old Trafford — Manchester
Wasit:‬ H. Webb‎
Jumlah Penonton:‬ 75501‎

 

 

versi GOAL indonesia

 

 

Tiga poin krusial berhasil diamankan pasukan Sir Alex Ferguson setelah mengalahkan The Reds dengan skor tipis 2-1.

 

 

Manchester United mampu ungguli Liverpool dengan skor 2-1 dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Minggu (13/1) di Old Trafford. Satu gol Daniel Sturridge tak mampu menyamai dua gol United yang dicetak Robin Van Persie dan Nemanja Vidic.

Dengan kemenangan ini, Manchester United mampu memuncaki klasemen sementara EPL dengan perolehan 55 angka. Unggul 10 poin atas Manchester City yang baru akan bertanding malam nanti. Sementara, pasukan Brendan Rodgers masih tertahan di peringkat delapan dengan 31 poin.

Babak Pertama

Di seperempat jam pertama, tempo permainan berlangsung sedang. Kedua tim tampak sedang membangun kekuatan di lapangan. Akan tetapi, momentum pertama datang kepada Manchester United di menit 19.

Kerjasama apik antara Shinji Kagawa, Danny Welbeck, dan Tom Cleverley memberikan Patrice Evra ruang untuk melakukan crossing mendatar ke kotak penalti. Robin Van Persie,yang kurang terkawal dengan baik, mampu menyambar bola itu untuk menaklukan Pepe Reina.

Peluang kembali didapatkan United di menit 26 ketika Ashley Young mampu memberikan umpan terbosan bagi Van Persie. Sayang, tendangan bomber Belanda ini masih melambung di atas mistar.

Di menit 35, Cleverley membawa bola ke depan dan memberi Welbeck umpan matang. Striker timnas Inggris itu lalu berlari ke kotak penalti dan langsung menembak dengan kencang, namun masih melebar. Lima menit berselang, giliran Cleveley yang memiliki ruang tembak. Namun, tendangan first-time nya masih melebar tipis dari gawang Reina.

Liverpool bukannya tanpa peluang. Namun setiap mendapat kesempatan di dekat kotak penalti United. Para gelandang dan bek-bek United mampu menutup ruang gerak Luis Suarez dkk sehingga mereka belum terlalu membahayakan gawang David De Gea di babak pertama. 

Flick dari Van Persie di penghujung babak pertama hampir membuat Setan Merah mencetak gol keduanya. Kagawa yang berlari kencang gagal menyambar bola liar itu dan justru menabrak Reina. Kiper asal Spanyol ini harus menerima perawatan akibat benturan ini.

Babak Kedua

Masuknya Antonio Valencia di kubu United dan Daniel Sturridge di kubu Liverpool tampak menambah tempo permainan di babak kedua. Umpan Luis Suarez kepada Andre Wisdom di kotak penalti tak mampu dimanfaatkan bek kanan itu dan bola jauh melebar dari gawang.

Di menit 54, publik Old Trafford kembali bersorak. Umpan Robin Van Persie dari situasi set-piece mampu ditanduk dengan baik oleh Patrice Evra, namun bola membentur Nemanja Vidic dan mengarah masuk ke gawang. 2-0.

Namun, The Reds bangkit tiga menit berselang. Steven Gerrard mampu melepaskan tembakan on target ke gawang United dan De Gea berhasil menepisnya.

Namun, bola muntah yang masih di dalam kotak penalti berhasil di-rebound oleh Daniel Sturridge untuk membuat tim tamu memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1. Ini adalah gol pertama Sturridge di EPL sejak berseragam The Reds.

Iblis Merah kembali mendapat peluang lewat tendangan melengkung Shinji Kagawa. Namun Reina berhasil menepisnya dengan gemilang dan hanya menghasilkan tendangan sudut. Di pertengahan babak kedua, giliran Liverpool yang kerap mendapatkan peluang lewat aksi Glen Johnson dan Sturridge. Namun sepakan keras keduanya sama-sama melebar tipis di sisi kri gawang De Gea.

Bahkan Sturridge hampir saja menyamakan kedudukan di menit 85. Mendapatkan bola dari kemelut di kotak penalti United, eks bomber Chelsea ini tak mampu menyelesaikannya dengan baik. Bola melebar tinggi di atas gawang De Gea. 

Di penghujung laga, RvP kembali melakukan flick yang nyaris membuatnya mencetak gol kedua. Namun kali ini, Reina mampu sigap menangkap tendangan akrobatik bomber berusia 29 tahun ini. Sampai Howard Webb meniup peluit panjangnya, kedudukan tidak berubah untuk kemenangan Setan Merah.

 

Susunan Pemain:

 

Manchester United: De Gea, Rafael, Ferdinand, Vidic (Smalling 80'), Evra, Cleverley, Carrick, Kagawa (Jones 77'), Young (Valencia 46'), Welbeck, Van Persie.

Substitusi: Amos, Anderson, Giggs, Chicharito.

Liverpool: Reina; Wisdom, Agger, Skrtel, Johnson; Lucas (Sturridge 46'), Gerrard, Allen (Henderson 80'); Downing, Sterling (Borini 62'), Suarez.

Substitusi: Jones, Carragher, Shelvey, Robinson.