Fulham 0 - 1 Manchester United

04/02/2013 12:46

Selesai
Februari 3, 2013 12:30 AM WIB
Craven Cottage — London
Wasit:‬ K. Friend‎
Jumlah Penonton:‬ 25670‎

 

0 - 1 = 79' Wayne Rooney

 

Manchester United Kembali Menang Berkat Wayne Rooney

Manchester United harus menunggu hingga menit ke-79 untuk menundukkan perlawanan sengit tuan rumah Fulham.

 

Manchester United sukses meraih kemenangan tipis 1-0 atas tuan rumah Fulham pada lanjutan Liga Primer Inggris yang diwarnai insiden mati lampu di stadion Craven Cottage, Sabtu (2/2) malam waktu setempat.

Martin Jol menyimpan dua pemain yang direkrutnya saat bursa transfer musim dingin, Emmanuel Frimpong dan Urby Emanuelson di bangku cadangan, serta memainkan Chris Baird sebagai jangkar dalam formasi 4-4-2. Sementara, United kembali memainkan Luis Nani dan Antonio Valencia sebagai sayap. Tom Cleverley dipilih menggantikan Anderson untuk menemani Michael Carrick di lini tengah.

Tak butuh lama bagi United untuk memegang kendali pertandingan. Tapi, Hugo Rodallega mengejutkan ketika lolos dari perangkap off-side. Dengan ruang yang diperoleh Rodallega memilih mengumpan bola ketimbang menembaknya. Beruntung bagi United, bola gagal dicapai Ashkan Dejagah.

Peluang diperoleh Patrice Evra pada menit kedelapan. Bola tendangan penjuru Robin van Persie mengenai Brede Hangeland dan ditepis Mark Schwarzer. Bola liar disambar Evra, tapi menghantam mistar. Beberapa menit berselang, giliran David De Gea yang beraksi mematahkan tendangan keras John Arne Riise dari jarak 25 yard.

Fulham lebih banyak mengandalkan serangan balik dengan bola-bola panjang. Dominasi tuan rumah baru terasa mendekati setengah jam pertandingan ketika barisan pertahanan United harus bekerja keras mengatasi gempuran Dejagah dan Bryan Ruiz.

Menit 33, Wayne Rooney berpeluang mengungguli Fulham. Lolos dari kawalan pemain lawan saat menyongsong umpan Nani, Rooney mampu memperdaya sergapan Schwarzer. Namun, eksekusi Rooney dari ujung kotak penalti menghantam tiang.

Lampu stadion Craven Cottage mendadak padam dua menit menjelang turun minum. Kondisi ini memaksa para pemain dari kedua tim memasuki lorong sambil menunggu perbaikan. Permainan sempat dilanjutkan hingga dihentikan lagi karena lampu kembali padam. Tiga menit kemudian pertandingan dilanjutkan hingga akhirnya babak pertama plus satu menit tambahan waktu tuntas.

Fulham masih berada di bawah tekanan United di awal babak kedua. Beberapa kali tim tamu memperoleh tendangan bebas hasil pelanggaran ataupun handball yang dilakukan pemain Fulham. Tetap saja belum ada penyelesaian yang maksimal. Padahal, Fulham sudah mengganti Hangeland karena mengalami cedera.

Peluang bagus pertama yang diraih Fulham terjadi ketika Giorgos Karagounis sukses merebut bola dari penguasaan Rio Ferdinand.  Sambil berlari, Karagounis melepas tembakan yang masih melebar.

United melakukan pergantian pertama pada menit ke-66. Valencia ditarik keluar untuk digantikan dengan Javier "Chicharito" Hernandez. Menyusul kemudian Ryan Giggs untuk mengisi posisi Cleverley. Dari kubu tuan rumah, Karagounis digantikan pemain debutan, Emanuelson. Dari pergantian pemain ini, United yang lebih dulu memetik keuntungan.

Setelah berulang kali menggempur pertahanan Fulham, plus terancam peluang Baird yang dimentahkan Rafael da Silva di muka gawang, United unggul. Rooney akhirnya sukses menaklukkan Schwarzer pada menit ke-79 setelah menyelesaikan kesempatan yang diperolehnya secara individual. Ini merupakan gol keempat Rooney dalam tiga pertandingan terakhir secara beruntun.

Pergantian terakhir dilakukan kedua tim mendekati akhir pertandingan. Mladen Petric menggantikan Dejagah, sedangkan Nani digantikan dengan Danny Welbeck. Para pemain pengganti ini terus beraksi menciptakan peluang untuk tim masing-masing. Meski demikian, papan skor untuk keunggulan United tak berubah hingga pertandingan selesai.

Rooney pun mengulang sukses menjadi penentu kemenangan United setelah menentukan hasil 2-1 menghadapi Southampton, tengah pekan. Kini, untuk sementara United memimpin klasemen Liga Primer dengan keunggulan sepuluh poin.