Berbatov hat-trick, MU bantai Birmingham 5-0

23/01/2011 04:55

Manchester United

Pemain MU rayakan gol Berbatov (Getty Images)

Manchester United membantai Birmingham City lima gol tanpa balas dalam lanjutan Liga Primer Inggris. Dimitar Berbatov kembali mencetak hat-trick dalam laga ini.

Dalam pertandingan di Old Trafford, Sabtu (22/1/2011), MU menduetkan Nemanja Vidic dan Chris Smalling di jantung pertahanan. Sementara di lini depan ‘Setan Merah’ kembali mengandalkan Wayne Rooney dan Dimitar Berbatov.

The Red Devils berhasil unggul tiga gol di babak pertama. Dua gol dicetak Berbatov dan satu lainnya dari Ryan Giggs.

Di babak kedua, MU tak menurunkan tempo permainan mereka. Alhasil, dua gol berhasil mereka lesakkan ke gawang Ben Foster lewat Berbatov dan Nani.

Kemenangan ini membuat pasukan Sir Alex Ferguson makin kokoh di puncak klasemen sementara Liga Inggris dengan koleksi 48 poin dari 22 laga. Sementara Birmingham terpuruk di peringkat ke-16 dengan 23 poin.

Jalan pertandingan

MU mendapat sepak pojok di menit kedua. Sepak pojok Ryan Giggs berhasil disundul oleh John O’Shea dan diteruskan Berbatov ke gawang Ben Foster.

Berba punya kans lagi tiga menit kemudian. Namun tembakannya memanfaatkan umpan Wayne Rooney masih bisa diamankan oleh Foster.

Tim tuan rumah mengancam lewat usaha Nani di menit ke-18. Namun tembakan kaki kiri gelandang asal Portugal itu dari dalam kotak penalti masih melambung.

Birmingham mencoba menekan di menit ke-25. Tendangan Keith Fahey dari luar kotak penalti masih belum menemui sasaran.

Berbatov kembali membuat seisi Old Trafford bersorak di menit ke-31. Dari sebuah serangan balik, Rooney memberi umpan kepada Berbatov. Setelah mengelabui satu bek lawan, striker asal Bulgaria itu melepaskan tembakan kaki kanan yang memaksa Foster kembali memungut bola dari gawangnya.

Semenit berselang, Berba kembali mengacak-acak pertahanan tim tamu. Namun kali ini sepakannya dari luar kotak penalti masih melebar.

Di menit ke39, upaya Darron Gibson belum membuahkan hasil. Tembakan kerasnya dari luar kotak penalti masih tepat mengarah ke Foster.

Percobaan yang dilakukan Giggs semenit kemudian juga masih gagal. Sepakan kaki kirinya masih melebar.

Di injury time babak pertama, Giggs membawa MU unggul 3-0. Berawal dari kerjasama Berbatov dan Rooney, nama terakhir melepaskan umpan silang mendatar ke mulut gawang Birmingham. Giggs yang tak tekawal menyambutnya dengan sepakan kaki kiri yang tak mampu dihalau oleh Foster.

Berbatov benar-benar jadi mimpi buruk buat pertahanan Birmingham malam ini. Enam menit selepas restart, pemain bernomor punggung sembilan ini kembali menjebol gawang Foster sekaligus mencetak hat-trick ketiganya musim ini.

Gol berawal dari pergerakan Rooney di sayap kiri. Rooney memberi umpan ke Giggs yang melakukan penetrasi ke kotak penalti. Giggs selanjutnya melepas umpan mendatar yang berhasil disontek Berbatov dan menggetarkan gawang Foster.

Berba mengancam gawang Birmingham di menit ke-69. Setelah bermain umpan satu-dua dengan Nani, tembakannya dari dalam kotak penalti masih melebar.

Nani juga punya peluang tiga menit kemudian. Namun tendangan keras kaki kanannya masih bisa diamankan oleh Foster.

Di menit ke-76, Nani tak lagi menyia-nyiakan peluang. Kali ini tembakan kaki kirinya dari luar kotak penalti berhasil menaklukkan Foster.

Hingga laga berakhir, tak ada lagi gol yang tercipta.

Susunan pemain:
Manchester United:Van der Sar, Vidic, Smalling, Evra (Fabio 46′), O’Shea, Anderson, Carrick (Gibson 25′), Giggs (Owen 55′), Nani, Rooney, Berbatov

Birmingham: Foster, Ridgewell, Johnson, Murphy, Carr, Fahey (Larsson 65′), Ferguson, Mutch, Bentley (Gardner 85′), Derbyshire, Hleb (Jerome 46′)

 

via Detiksport